»

Hasil Pencarian

Sabtu, 23 Mei 2009

Ngapain Berhenti Merokok

Dari jumlah 1000 orang, 1 orang meninggal karena pembunuhan, 6 karena kecelakaan… dan 250 meninggal karena rokok
Lalu, apa kita masih mencoba untuk terus merokok ? Atau masih mau coba-coba ?
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di England, 120.000 orang meninggal akibat merokok setiap tahunnya. Dan semakin muda usia seseorang mulai merokok, maka semakin besar pula kemungkinan mereka mendapatkan masalah kesehatan di hari berikutnya.

Ada Apa Di Dalam Rokok
Kenapa rokok begitu mematikan. Sebenernya, zat apa aja sih yang ada didalamnya..


Ujung Pembakaran
Asap yang keluar dari pembakaran mengandung gas-gas beracun seperti karbon monoksida dan larutan kimia lainnya. Karbon Monoksida akan menurunkan kemampuan tubuh dalam membawa oksigen yang dapat menimbulkan resiko penyakit jantung.

Tembakau
Tembakau berisi zat nikotin yang sangat addictive (membuat orang ketagihan). Nikotin akan mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah. Namun yang lebih membahayakan adalah ‘tar’ yang akan terbentuk ketika mencapai paru-paru. Zat ini dapat mengakibatkan kanker paru-paru dan bronchitis.

Zat Additive Tambahan
Untuk memberikan selera yang diharapkan perokok, pabrik selalu menambahkan zat tambahan agar rasa dari rokok itu bisa memenuhi keinginan konsumen. Zat-zat tambahan inilah yang dapat meningkatkan kinerja dari nikotin.

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Rokok
Ada banyak alasan untuk tidak merokok. Apalagi untuk kalangan muda. Diantaranya adalah penyakit yang diakibatkan oleh rokok itu sendiri.

Ada lebih dari 50 macam penyakit yang bisa diakibatkan (atau diperburuk) oleh rokok. Dari sekian banyak penyakit tersebut, dapat menyerang bagian manapun di tubuh kita, seperti :

* Mulut: Kanker lidah dan mulut
* Kulit: Berkurangnya aliran darah (mutu darah) yang dialirkan ke sekitar kulit, sehingga menjadikan kulit kering dan berkerut (keriput).
* Mata : Semakin banyak asap rokok, semakin besar pula kemungkinan terjadinya katarak.
* Paru-paru : Kanker paru-paru atau setidaknya kerusakan paru-paru akibat asap rokok yang masuk
* Otak : Nikotin adalah zat yang addictive (ketagihan), sehingga dapat merubah fungsi otak. Dalam kata lain, otak akan sulit berfungsi bila tidak terkena nikotin.
* Jantung : Tekanan darah yang tinggi dapat mendorong terjadinya serangan jantung
* Pencernaan: Luka pada saluran pencernaan
* Tangan/Kaki : Sangat jarang terjadi, namun dapat mengakibatkan PVD, atau lebih dikenal dengan mengerasnya pembuluh darah, yang dapat berakibat kepada amputasi.


Passive Smoking
Bernafas dengan asap rokok orang lain adalah passive smoking. Passive smoking sangat merugikan kita, karena dapat secara langsung berdampak terhadap kesehatan. Dari site Mind, Body and Soul, dikatakan dampak dari passive smoking adalah :

untuk usia dibawah 16 tahun
- Meningkatnya gangguan saluran pernafasan pada anak-anak.
- Batuk, dahak dan gangguan tenggorokan yang kronis
- Terbentuknya cairan pekat di dlm telinga krn reaksi thdp asap rokok.
- Menurunnya fungsi kerja paru-paru dalam pernafasan.
- Meningkatkan kemungkinan terjadinya asma.

untuk usia diatas 16 tahun
- Iritasi terhadap mata, hidung dan tenggorokan.
- Sakit kepala, flu dan penyakit ringan lainnya.
- Memburuknya asma dan alergi.
- Meningkatnya resiko jantung koroner.
- 10% – 30% peningkatan terhadap resiko kanker paru-paru bagi non-smoker apabila selalu dalam lingkungan perokok dalam jangka waktu yang lama (terus-menerus).

0 komentar: